Menu

Garuda website

wEB DEVELOPER

Fungsi Geotextile Non Woven yang Multifungsi

Geotextile Non Woven merupakan salah jenis Geotextile yang tidak teranyam. Material ini memiliki bentuk seperti kain. Sehingga fungsi dari geotextile non woven ini memiliki fungsi yang beragam.

Mengenal Geotextile Non Woven

Bahan pembuat material ini adalah polimer Polyesther (PET) atau Polypropylene (PP). Geotextile non woven dapat diproduksi baik dari serat stapel pendek atau benang filamen terus menerus. Serat dapat terikat bersama-sama menggunakan termal, kimia atau mekanis teknik atau kombinasi teknik. 

Geotextile non woven memiliki sangat sedikit pengaruh pada sifat-sifat geosynthetic non woven. geotextile non woven diproduksi melalui proses mekanik atau saling kimia atau ikatan termal serat /filamen. 

Sehingga geotextile non woven ini memiliki fungsi yang tepat guna untuk berbagai keperluan dalam dunia teknik sipil. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Fungsi sebagai Separator

Geotextile Non Woven memiliki fungsi sebagai pencegah tercampurnya lapisan material yang satu dengan material yang lainnya. Contoh penggunaan Geotextile sebagai separator adalah pada proyek pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak (misalnya berlumpur). 

Pada proyek ini, geotextile mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan, sehingga tidak terjadi pumping effect yang akan mudah merusak perkerasan jalan. Dengan material ini tentu saja akan membuat perkerasan menjadi lebih mudah.

Fungsi untuk Stabilization / Stabilisator

Fungsi selanjutnya pada geotextile non woven adalah untuk stabilisasi atau perkuatan. Biasanya dilakukan pada proyek-proyek timbunan tanah, perkuatan lereng dll. Sayangnya fungsi ini belum dipatenkan karena masih dirumuskan.

Alasannya adalah material ini hanya menggunakan metode membrane effect yang hanya mengandalkan tensile strength (kuat tarik) sehingga kemungkinan terjadinya penurunan setempat pada timbunan masih besar karena kurangnya kekakuan bahan. 

Apalagi sifat Geotextile yang mudah mulur terutama jika terkena air (terjadi reaksi hidrolisis) menjadikannya rawan sebagai bahan perkuatan lereng.

Fungsi sebagai Filter / Penyaring

Fungsi geotextile non woven selanjutnya adalah untuk penyaring. Karena bentuknya yang berupa lembaran kain, tentu saja bisa mencegah terbawanya partikel tanah pada aliran air. Material ini bersifat permeable atau tembus air sehingga bisa menjadi filter biasanya digunakan pada proyek-proyek subdrain (drainase bawah tanah).

Berbagai fungsi dari geotextile non woven ini tentu saja membuatnya multifungsi di dunia konstruksi jalan dan pembangunan.

 

Go Back

Comment

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.